badge

MYAHOK

Tribute to AHOK

Pasukan “ORANGE” atau “ORANYE” sih?

pasukan orange

Pasukan ORANGE atau ORANYE?

MYAHOK.COM-Ada yang sedikit lucu dengan istilah yang di sematkan kepada para petugas kebersihan Pem Prov DKI yang berbaju oranye itu. Sama sekali tidak bermaksud untuk mengganggu keberadaannya apalagi untuk menolak, sebab justru fungsi dan peran para petugas kebersihan itu sangatlah efektip dalam mewujudkan Jakarta Baru.

Istilah pasukan “ORANGE” tentu semua orang sudah pasti tidak salah lagi dengan yang dimaksud adalah para petugas kebersihan itu. Namun demikian bila ditelaah lebih lanjut, kata ‘ORANGE’ tidak ditemui dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kalau anda tak percaya silakan menuju ke situs KBBI.web.id dan ketikkan “ORANGE” tentu yang keluar adalah notifikasi berupa ” maaf, tidak ditemukan kata yang dicari”.

Tentu saja, sebab kata ‘ORANGE’ adalah dari bahasa Belanda “ORANJE”, dan telah diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi “ORANYE” yang artinya “warna merah kekuning-kuningan; jingga”, demikian hasil penelusuran melalui KBBI.web.id.

Mungkin kesalahan penyebutan kata “ORANYE” menjadi “ORANGE”, bukanlah masalah yang berarti, namun demikian tentu akan lebih bijaksana bila kita semua konsisten menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Bukankah sesuai dengan bunyi ‘Sumpah Pemuda’ bahwa kita akan senantiasa berjanji untuk selalu menjunjung Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan kita?

Lagi pula kalau kita gunakan kata ‘ORANGE’ maka lucu juga kedengarannya. Pasukan “ORANGE”, orange siapa? ha… ha..

Lebih baik dan enak didengar juga bila kita menyebutnya “PASUKAN ORANYE” bukan?

Namun terlepas dari itu semua, kita musti ‘angkat topi’ tinggi-tinggi kepada AHOK, Gubernur DKI yang begitu serius dan intensif dalam meningkatkan kinerja para PASUKAN ORANYE tersebut. Jakarta kini, telah berubah secara drastis, terutama bila di amati dengan kondisi aliran sungai-sungai yang ada di ibukota.

Sungai-sungai yang sebelumnya bau dan sangat kotor penuh sampah, bahkan airnya berwarna hitam menjijikkan, namun kini menjadi bersih, dan kinclong. Sebelumnya mana ada anak-anak yang berenang di sungai Jakarta? Tapi lihatlah sekarang, anak-anakpun mendapatkan mainan baru yaitu berenang disungai dengan riang gembira.

anak berenang di sungai

Sebelumnya, mana ada anak-anak Jakarta berenang di sungai? Ahok gitu loh.. 🙂

Ternyata Gubernur AHOK tidak hanya bisa marah-marah, tapi hasil kerjanya sangat nyata dan langsung dapat dirasakan oleh warga Jakarta.

Salut..

#donibastian



vote ahok 240

Bila anda mendukung AHOK, mohon berkenan membagikan link website ini. Klik ‘Share’

Telah dibaca 739 x, hari ini 1 x
Artikel terkait
...

Komentar

Updated: 12/06/2016 — 22:47

Leave a Reply

Your email address will not be published.

MYAHOK © 2016 - Tribute to AHOK Dikelola oleh Doni Bastian