badge

MYAHOK

Tribute to AHOK

Awal Mula Nama Panggilan AHOK

Panggilan AHOK

MYAHOK.COM-Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama lebih sering disapa Ahok. Dari mana asal mula panggilan Ahok? Dalam acara Hari Anak di Kompleks Taman Ismail Marzuki, Basuki menceritakan riwayat dirinya dipanggil Ahok. Ayah Ahok, mendiang Indra Tjahaja Purnama (Zhong Kim Nam) ingin anak pertamanya itu menjadi seorang yang sukses.


Karena itu, ayah Ahok membuat panggilan khusus baginya, yakni Banhok. Ahok menjelaskan, kata ‘ban’ berarti puluhan ribu, dan kata ‘hok’ berarti belajar.

“Ayah ingin saya tak pernah berhenti belajar agar menjadi orang sukses,” ujat Ahok. Lama-kelamaan, panggilan Banhok berubah menjadi Ahok.

Berangkat dari cita-cita ayahnya itu, Ahok berpesan agar anak-anak usia sekolah di Ibu Kota giat membaca. Sebab, kata Ahok, membaca berarti proses mengenali diri sendiri sebagai bekal menuju kesuksesan. “Anak-anak harus rajin membaca agar mengenali dirinya sendiri,” kata Ahok

Ahok berujar, minat membaca bisa ditumbuhkan melalui media apapun. Ahok juga memerintahkan beberapa satuan kerja perangkat daerah untuk bekerja sama memfasilitasi perkembangan minat baca anak-anak. Contohnya, Dinas Pertamanan dan Pemakaman dan Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah menyediakan taman ramah anak dan mobil perpustakaan di lima wilayah di Ibu Kota.

Dengan begitu, Ahok berujar anak-anak yang rajin membaca akan tumbuh menjadi pribadi yang tenang dan santun. Tanpa menyebut kelompok tertentu, ia berujar ketenangan tersebut juga dibutuhkan dalam dunia politik.

Ahok mengatakan kebuntuan yang kerap terjadi dalam diskusi politik kerap memicu seseorang melakukan kekerasan. “Anak-anak harus rajin membaca karena orang dewasa yang suka berantem di DPR itu karena kurang membaca,” ujar Ahok.

Pada kesempatan lain, terkait dengan nama panggilannya itu, Ahok ketika berada di tengah puluhan murid, saat sesi tanya jawab juga menjleaskan hal yang sama.

“Anak-anak yang mau bertanya dipersilakan. Tanya-tanya yang berbau sensitif juga enggak apa-apa,” kata Ahok membuka sesi tanya jawab.

Lalu, seorang anak yang hendak bertanya mengangkat tangan kanannya.

“Kenapa bapak dipanggil Pak Ahok?,” ucapnya.

Seraya tersenyum Ahok menjelaskan, setiap keluarga keturunan tionghoa, biasanya diberikan nama panggilan oleh ayahnya.

“Setiap keluarga keturunan tionghoa dikasih nama panggilan oleh ayahnya sebagai tanda harapan. Nah Hok itu dari kata learning, yang artinya belajar,” ucap Ahok.

Awalnya almarhum ayahnya, Indra Tjahaja Purnama memberikan nama panggilan Banhok dengan harapan anak lelakinya bisa mengenyam pendidikan setinggi-tingginya.

Ahok menjelaskan, kata ‘ban’ berarti puluhan ribu, dan kata ‘hok’ berarti belajar.

“Ayah berharap, aku sekolahnya puluhan ribu belajar,” imbuh dia.

Ternyata panggilan Ahok dari ayahnya, berbeda tafsiran dengan panggilan Ahok dari tetangga di kampungnya, Belitung.

“Kalau orang kampung bilang, Ahok itu singkatan dari ‘Aku Harapan Orang Kampung’. Jadi dipanggil lah Ahok,” ucapnya.

Sumber : detik.com



vote ahok 240

Bila anda mendukung AHOK, mohon berkenan membagikan link website ini. Klik ‘Share’

Telah dibaca 708 x, hari ini 1 x
Artikel terkait
...

Komentar

Updated: 13/06/2016 — 03:04

Leave a Reply

Your email address will not be published.

MYAHOK © 2016 - Tribute to AHOK Dikelola oleh Doni Bastian