badge

MYAHOK

Tribute to AHOK

AHOK Masih Mending Marah Pakai Mulut, Bang Ali Sadikin Marah Pakai Tangan

Ali Sadikin

Ali Sadikin – Gubernur DKI periode 1967 – 1977

MYAHOK.COM-Sebagian kalangan menilai Gubernur AHOK terlalu kasar dan arogan ketika sedang marah. Namun bila ditimbang-timbang, AHOK masih mendingan bila dibandingkan ketegasan Bang Ali Sadikin, Gubernur DKI legendaris yang menjabat pada periode tahun 1967-1977.

Berikut ini cuplikan kisah ketika Bang Ali menunjukkan ketegasannya sebagai seorang Gubernur DKI kala itu..

Di bawah kepemimpinan Ali Sadikin, Jakarta membangun. Bang Ali bertekad mengubah citra Jakarta dari big village alias kampung besar menjadi kota metropolitan.

Maka Bang Ali pun membangun gedung sekolah, taman rekreasi, puskesmas, jembatan penyeberangan, hingga hotel bertaraf internasional. Dalam setiap proyek, Bang Ali selalu turun langsung meninjau pengerjaannya.

Di sebuah proyek, Bang Ali terkejut bukan main. Ternyata pembangunan proyek itu macet lantaran kontraktor terlambat memasok semen. Bang Ali pun segera mengecek permasalahannya. Demikian ditulis dalam memoar Bang Ali karya Ramadhan KH.

Ternyata direktur perusahaan itu melanggar kontrak. Harusnya dia mengirim semen langsung dari pabriknya, bukan dari grosir atau tangan ketiga. Tentu saja hal ini memperlambat pekerjaan.

Maka Bang Ali minta agar direktur perusahaan pemasok semen itu dipanggil. Pada panggilan pertama dan kedua, direktur itu mangkir. Baru pada panggilan ketiga sang direktur hadir. Orangnya ternyata masih muda.

Bang Ali bertanya kenapa sampai terlambat. Apakah dia tidak sadar bahwa proyek ini untuk kepentingan warga ibukota? Ternyata jawabannya berbelit-belit dan tidak jelas. Bang Ali pun naik pitam. Plak! Dia menampar direktur itu. Tidak cukup sekali, Bang Ali menamparnya tiga kali. Plak! Plak! Plak!

“Saya marah sekali, saya tempeleng dia tiga kali. Barulah dia berjanji akan segera memenuhi kontraknya. Benar juga, pada hari berikutnya kiriman semen sudah masuk ke proyek,” kata Bang Ali.

Beberapa hari kemudian, telepon berdering di kantor Gubernur. Rupanya ayah sang direktur yang menelepon. Ajudan Bang Ali yang mengangkatnya. Si ayah malah berterima kasih pada Bang Ali karena menempeleng anaknya.

“Tolong sampaikan terima kasih saya pada Pak Gubernur. Bapak Gubernur telah mengajar anak saya,” katanya.

#donibastian

Sumber : Merdeka.com



vote ahok 240

Bila anda mendukung AHOK, mohon berkenan membagikan link website ini. Klik ‘Share’

Telah dibaca 2,391 x, hari ini 1 x
Artikel terkait
...

Komentar

Updated: 25/05/2016 — 21:03

Leave a Reply

Your email address will not be published.

MYAHOK © 2016 - Tribute to AHOK Dikelola oleh Doni Bastian