Home » Advertising » Definisi Kacamata Anti Radiasi dan Fungsinya

Definisi Kacamata Anti Radiasi dan Fungsinya

Tidak di pungkiri di jaman milenial saat ini yang serba canggih kita di tuntut harus mengikuti jaman, demikian juga dalam penggunaan hal tekhnologi  layar gawai, seperti halnya computer, laptop, atau smartphone (gadget). Barang-barang tersebut menjadi barang yang tidak bisa di tinggalkan dalam kehidupan sehari-hari. Maka  penggunaan hal tersebut sangatlah penting untuk ikut andil di era milenial ini, tekhnologi hal semacam tersebut konon dipercaya dapat juga merusak mata.

Kenapa demikian, sinar radiasi dari berbagai perangkat tersebut kalau kita sering menggunakannya dalam tempo yang lama dapat membuat mata merah, kering, kelelahan, hingga penglihatan kabur atau samar samar.

  • Definisi Kacamata Anti Radiasi

Untuk mengantisipasi hal tersebut di atas, maka pabrikan atau produsen yang bergerak dalam memproduksi kacamata, mempunyai terobosan baru untuk membuat kacamata dengan situasi dan kondisi saat ini. Dengan begitu produsen memproduksi kacamata yang dinamai kacamata anti radiasi.  Munculnya kacamata anti radiasi adalah jalan keluar sebagai terobosan baru untuk mencegah kerusakan pada mata.

Ketika mata menatap layar computer secara terus menerus, smartphone(gadget), atau perangkat digital lainnya maka kacamata anti radiasi dirancang oleh produsen untuk melindungi hal tersebut. Radiasi sinar biru pada berbagai perangkat di atas dapat mengakibatkan kerusakan pada mata atau penyakit mata. Pantulan sinar dari gadget ataupun computer dapat menyilaukan mata. Karenanya pemakaian kacamata anti radiasi yang di lengkapi dengan lapisan lensa anti reflektif dapat mengurangi pantulan cahaya dari gadget atau computer.

main image

Konon katanya sinar biru tersebut dapat menyebabkan mata kelelahan, serta mengganggu kemampuan focus mata pada layar. Dengan menggunakan kacamata anti radiasi kita dapat meminimalisir gangguan ketegangan pada mata, sehingga meningkatkan keyamanan ketika menggunakan computer ataupun layar digital lainnya.

Kacamata anti radiasi di rancang untuk mengoptimalkan penglihatan ketika melihat layar computer. Sedangkan pemakaian kacamata biasa hanya berfungsi untuk membantu penglihatan. Fungsi dari kacamata anti radiasi adalah setidaknya badan atau tubuh manusia tidak terpapar oleh dua jenis radiasi.

Yang pertama adalah radiasi alami atau datang dari sinar matahari atau yang biasa kita sebut dengan sinar ultraviolet (UV). Sedangkan, sinar biru yang di pancarkan oleh layar computer dan gadget merupakan radiasi yang di sebabkan oleh teknologi tersebut. Dalam jangka pendek radiasi sinar ultraviolet(UV) dapat mengakibatkan fotokeratitis atau peradangan korona mata akibat paparan sinar matahari terlalu lama.

Semakin lama terpapar radiasi UV, semakin tinggi juga resiko terkena katarak atau degenerasi macula. Sementara itu sinar biru dalam jangka panjang juga dapat menggangu penglihatan seperti katarak hingga kanker mata. Cara mengatasi paparan sinar matahari atau sinar biru yang paling efektif salah satunya adalah dengan menggunakan kacamata anti radiasi.

Hal ini dikarenakan penggunaan kacamata anti radiasi dapat mengurangi risiko peradangan seperti kornea, katarak, dan degenerasi makula. Kacamata anti radiasi atau kacamata baca komputer memiliki fungsi yang efektif untuk menangkal efek sinar uv dan biru. Apabila mata kita tidak dilindungi dari efek sinar uv dan biru,  maka mata kita berpotensi mengalami kerusakan. Selain itu, juga dapat meningkatkan ketegangan mata saat melihat layar.

Beberapa Fungsi Kacamata Anti Radiasi

  • Kacamata anti radiasi dapat mencegah mata dari sinar berbahaya dari layar gadget, seperti sinar uv dan biru.
  • Saat menggunakan Kacamata anti radiasi penglihatan dari mata kita akan terasa alami dan segar, karena memiliki penetrasi dan penyerapan yang disesuaikan dengan lampu yang berbeda.
  • Penggunaan Kacamata anti radiasi mampu menangkal radiasi elektromagnetik.
  • Gelombang mikro frekuensi rendah dapat diserap oleh kacamata anti radiasi. Selain itu juga dapat menghilangkan gejala gangguan pada mata seperti kelelahan, sakit kepala atau demam..

Leave a Reply

Your email address will not be published.