Home » Article Placement » Cara untuk Mengatasi Penyakit Diare Sendiri di Rumah

Cara untuk Mengatasi Penyakit Diare Sendiri di Rumah

penyakit diare

Penyakit diare dapat dialami siapa saja tanpa pandang usia. Terjadinya pun bisa kapan saja tanpa diduga. Meski pun sepele Anda tidak bisa mengabaikannya. Pentingnya suplementasi zinc pada kondisi diare akan membantu mengatasinya. Berikut ini cara untuk mengatasi penyakit diare sendiri di rumah dengan mudah.

  1. Minum Air Bening

Anda dapat mengatasinya di rumah dengan meminum air bening seperti air putih, air kaldu, atau jus. Hindari dulu untuk mengonsumsi alkohol dan kafein sampai diarenya membaik. Air putih dapat Anda konsumsi untuk mengatasi masalah diare dengan jumlah yang sesuai kebutuhan. Jangan sampai tubuh mengalami dehidrasi dan membuat masalah diare semakin parah.

  1. Makan Makanan Semi Padat dan Rendah Serat

Selain mengatasi diare dengan probiotik untuk kesehatan saluran cerna, Anda dapat mengatasinya dengan makan makanan semi padat dan rendah serat. Contoh makanan yang dapat menjadi pilihan adalah roti bakar, nasi, ayam, atau pun telur.

  1. Hindari Makanan Tertentu

Anda juga dapat mengatasi diare dengan menghindari makanan tertentu seperti olahan susu, makanan berlemak, dan makanan berbumbu.  Makanan ini dapat mengganggu pencernaan Anda dan semakin memperparah diare jika terus dikonsumsi.

  1. Makanan Probiotik

Anda dapat mengatasi diare dengan mengonsumsi makanan probiotik yaitu makanan yang mengandung bakteri sehat. Bakteri ini dibutuhkan untuk melancarkan sistem pencernaan di dalam tubuh. Anda bisa mendapatkan makanan probiotik dari yogurt dan keju.

  1. Makan Bubur Wortel

Anda juga bisa mengonsumsi bubur wortel yang memiliki kandungan sumber pektin untuk mengatasi masalah diare. Caranya dengan membuat wortel sampai halus dengan menggunakan blender. Bubur ini akan sangat membantu mengatasi masalah diare.

  1. Minum Teh Hitam Manis

Anda juga dapat mengatasi masalah diare dengan minum teh hitam manis yang ditambahkan gula. Konsumsi dengan air panas agar dapat membantu mengatasi dehidrasi yang dialami. Teh ini mengandung astringen tanin yang dapat membantu mengurangi terjadinya peradangan usus.

Cara mengatasi diare ini bisa dilakukan dengan mudah. Anda dapat melakukannya tanpa biaya yang mahal. Selain itu pentingnya suplementasi zinc pada kondisi diare juga dapat menjadi solusi yang mudah untuk dilakukan.

Dibaca 48 x, hari ini 1 x

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.