Home » Article Placement » Begini Caranya Agar Suara Genset Tidak Menganggu Tetangga

Begini Caranya Agar Suara Genset Tidak Menganggu Tetangga

suara genset

Genset yaitu suatu mesin atau perangkat yang terdiri dari pembangkit listrik (generator) dengan mesin penggerak yang disusun menjadi satu kesatuan untuk menghasilkan suatu tenaga listrik dengan besaran tertentu. Mesin pembangkit kerja pada genset biasanya berupa motor yang melakukan pembakaran internal, atau mesin diesel yang bekerja dengan bahan bakar solar atau bensin. Generator adalah alat penghasil listrik. Prinsip kerja generator, yaitu mengubah energi gerak (kinetik) menjadi energi listrik. Genset memiliki banyak manfaat sebagai cadangan listrik, namun genset memiliki kelemahan yaitu suara yang timbul cukup mengganggu. Agar suara genset tidak menggangu lingkungan sekitar sebaiknya disediakan peredam ruangan genser. Berikut adalah beberapa tips perencanaan yang dapat meningkatkan kualitas peredaman ruang genset kita:

1. Letakkan ruang genset di bawah tanah

Tanah merupakan peredam suara yang sangat baik. Karena itu jika kondisi lapangan memungkinkan, sebaiknya ruang genset diletakkan di bawah permukaan tanah, atau tertimbun tanah.

2. Perhatikan penempatan saluran buangan angin radiator

Ada dua sumber suara paling besar pada genset, yaitu Mesin dan Kipas Radiator Genset. Suara Kipas ini sangat dekat dengan saluran keluarnya buangan angina radiator. Karena itu saluran buangan angin radiator perlu dijauhkan dari area yang sensitif terhadap suara. Buangan angin ini sebisa mungkin jangan diletakkan pada gang. Dinding-dinding gang akan memantul-mantulkan suara kipas ini sehingga terdengar lebih kuat dari sebenarnya.

3. Perhatikan peletakan ruang genset

Jelas, ruangan genset sebisa mungkin diletakkan jauh dari area sensitif suara. Sebisa mungkin ruang genset memiliki jarak dengan bangunan tetangga agar getaran dinding ruang genset tidak ‘tertular’ masuk ke gedung lain.

Jika memungkinkan ruang genset ditempatkan agak ke tengah, supaya suara yang ditimbulkan setidaknya tertutup oleh struktur gedung kita sehingga tidak mengganggu tetangga. Namun tentunya pertimbangan peletakan ruang genset bukan masalah suara. Karena itu desainer harus memperhitungkan trade-off yang paling ideal untuk peletakan ruang genset.

Perhatikan juga bila penggunaan genset ditujukan sebagai sumber listrik suatu event. Perhatikan posisi peletakan genset yang cukup jauh dari sumber keramaian atau pusat keramaian karena tentu suaranya akan cukup menggangu kegiatan event. Sewa genset untuk event di sewatama untuk mrndapatkan genset yang berkualitas dengan tim yang terpercaya dan berpengalaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published.