Home » Article Placement » Mengapa Ikan Koi Bisa Sangat Mahal?

Mengapa Ikan Koi Bisa Sangat Mahal?

 

Mengapa harga ikan koi bisa sampai setara miliaran rupiah per ekor? Apa keistimewaan Koi dibandingkan dengan ikan hias lainnya?

Berikut ini alasannya..

PEMBIAKAN KOI ADALAH SENI

Ikan koi berkualitas seperti sebuah berlian yang mahal karena banyak orang berbakat telah bekerja keras untuk membudidayakannya. Ya, begitulah yang telah dilakukan oleh para breeder bertahun-tahun secara turun-temurun.

Praktek pemeliharaan koi untuk meningkatkan warna sudah dilakukan lebih dari 200 tahun. Para breeder Jepang mulai selektif dalam menghasilkan ikan koi dari generasi demi generasi

Menurut Kekaisaran Bonsai, pada 1800-an, garis khusus ikan mas dibesarkan oleh peternak di Jepang untuk pola warna, ukuran, dan umur panjangnya. Sesuai dengan sepupu jauh mereka, menghadiahkan ikan mas,  membuat hewan peliharaan ini makin populer, dapat bertahan dalam berbagai suhu dan bertahan hidup dengan makanan apa pun yang Anda berikan kepada mereka. Tetapi seperti halnya anjing, ternak, dan sebagian besar hewan lain yang kode genetiknya telah digunakan oleh umat manusia, uang mulai mengalir ketika orang membuat mereka terlihat indah.

KOI ITU INDAH

Saat ini, nilai ikan koi, sebagian besar didasarkan pada sejumlah besar waktu dan upaya yang dilakukan untuk mendapatkan keindahan mereka. Peternak berusaha untuk berani, solid, warna seragam yang mengalir jauh melalui sisik makhluk itu. Sepetak warna yang terdiri dari tiga sisik atau kurang dianggap cacat, dan setiap koi yang menghargai diri sendiri akan lebih baik menelan pemutih daripada muncul ke pesta ikan dengan salah satu dari itu.

Penikmat koi yang cerdas berusaha keras untuk mendapatkan warna yang berbeda, besar, dan tidak tercampur. Koi yang sangat jelas dijual di lelang pada tahun 2018 seharga £ 1,4 juta. Faktor-faktor lain seperti ukuran dan garis keturunan dapat dengan mudah menempatkan teman-teman kecil dalam kisaran enam angka.

KOI AKAN MENEMANI ANDA SEUMUR HIDUP

Sementara rata-rata ikan koi akan hidup antara 60 dan 70 tahun bila dirawat dengan baik, Menurut Fish Laboratory, Koi Hanako, seekor ikan yang mati pada tahun 1977, dipastikan telah hidup 226 tahun. Itu berarti dia hidup cukup lama untuk menghuni planet ini dari Perang Revolusi hingga pengeboman Hiroshima dan masih bertahan 32 tahun lagi

Dan sementara Koi Hanako berada di tepi luar harapan hidup ikan, dia berada di dalam pemeliharaan yang baik. Di beberapa bagian Jepang di mana koi dipuja dan tidak hanya dipelihara di bawah air mancur hotel mewah , bukan hal yang aneh bagi binatang untuk hidup selama lebih dari satu abad, diturunkan dari generasi ke generasi. Teori tentang apa yang menyebabkan vitalitas luar biasa ini berkisar dari air yang lebih jernih hingga perawatan yang lebih penuh perhatian.

Leave a Reply

Your email address will not be published.