Home » Article Placement » 5 Alasan Menggunakan WordPress Untuk Membangun Blog

5 Alasan Menggunakan WordPress Untuk Membangun Blog

Jika Anda bertanya-tanya, “Mengapa menggunakan WordPress?” Anda telah datang ke tempat yang tepat. Merenungkan pertanyaan ini berarti Anda setidaknya telah sedikit meneliti WordPress atau mendengarnya dari teman atau kolega. Tetapi itu tidak berarti Anda telah sepenuhnya menimbang pro dan kontra atau memeriksa fitur-fiturnya secara mendalam.

Oleh karena itu, kami ingin merinci manfaat menggunakan WordPress untuk Anda, memberikan pandangan yang jelas mengapa itu adalah sistem manajemen konten dan perangkat lunak pembuatan situs web paling populer di dunia. WordPress benar-benar dapat melakukan apa saja!

Dilema Situs Web

Untuk pemilik bisnis rata-rata, nama seperti WordPress, Joomla, Shopify, Magento, Wix, dan Weebly mungkin terdengar seperti nama asing. Proses membangun situs web membawa nama-nama ini ke dalam hidup Anda, karena semuanya adalah platform yang digunakan untuk membangun situs web. Masing-masing memiliki manfaatnya sendiri, sementara banyak yang lebih sering digunakan untuk situs web khusus dengan tujuan tertentu. Misalnya, Shopify hanya masuk akal jika Anda menjalankan toko online. Ini bukan platform tempat Anda memulai blog kemudian berubah menjadi toko eCommerce (lihat alternatif Shopify untuk membandingkan solusi). Magento berada di kapal yang sama. Pembuat dan platform situs web lain memiliki lebih banyak fleksibilitas, dan itu biasanya yang paling populer.

Semuanya, mulai dari Squarespace hingga Wix memiliki alat yang luar biasa untuk tingkat keterampilan tertentu, tetapi kami akan menjelaskan mengapa Anda harus menggunakan WordPress di atas semuanya.

1. Perangkat Lunak ini Gratis dan Sumber Terbuka

Baik WordPress.com dan WordPress.org sepenuhnya gratis untuk digunakan. Anda dapat mempelajari tentang perbedaan antara keduanya di sini, tetapi singkatnya, WordPress.org adalah versi yang dihosting sendiri di mana Anda mengontrol lebih banyak situs Anda dan memanfaatkan plugin lanjutan. WordPress.com bekerja sangat baik untuk pemula yang lengkap, tetapi ini bukan yang terbaik untuk bisnis yang berencana menghasilkan uang, jadi pindah dari WordPress.com masuk akal. Itu memang memiliki paket berbayar yang lebih tinggi, tetapi kami merekomendasikannya untuk blog pribadi dan hobi.

2. Dapat Membuat Semua Jenis Situs Web

Salah satu kesalahpahaman umum tentang WordPress adalah bahwa itu terutama untuk membangun blog. Pada satu titik waktu itu, pada kenyataannya, kasusnya. WordPress dikembangkan sebagai platform blogging, tetapi itu telah berubah secara drastis dengan berbagai rilis baru selama bertahun-tahun.

Faktanya, WordPress diuntungkan karena akar bloggingnya. Sejauh ini, ini adalah salah satu cara terbersih dan tercepat untuk menulis dan menerbitkan posting blog, dan itu semua sudah termasuk sejak awal. Beberapa alat pembuatan situs web memikirkan desain dan aplikasi terlebih dahulu, lalu antarmuka blogging masuk sebagai renungan.

Tidak demikian halnya dengan WordPress, sehingga Anda dapat membuat situs e-niaga yang indah dan mengetahui bahwa blog merupakan bagian integral dari proses pengembangan.

3. Mendukung Banyak Jenis Media

Jangan ragu untuk memeriksa daftar panjang jenis file yang diterima untuk WordPress, tetapi ketahuilah bahwa semua kategori utama berikut diterima:

Gambar-gambar
Dokumen
audio
Video

Dalam pengalaman saya sendiri, saya tidak pernah meminta WordPress memberi tahu saya bahwa suatu file tidak didukung. Anda dapat mengupload file umum seperti .jpg, .png, .gif .pdf, .doc, .pptx, .mp3, .m4a, .mp4, .mov, .wmv, dan .avi. Selain itu, Anda tidak akan memiliki masalah dengan jenis file yang lebih tidak jelas seperti .odt, .key, .ogg, dan .3gp.

Dan meskipun ada beberapa format file, seperti SVG, yang tidak diizinkan, ada solusi bagus untuk menyiasatinya. Lihat tutorial ini tentang cara mengunggah SVG dengan aman di WordPress. Singkatnya, jika Anda ingin meletakkan foto, gif, video, atau dokumen di situs web Anda, biasanya itu adalah permainan yang adil dengan WordPress. Bahkan umum untuk meng-host dokumen dan presentasi di situs web tanpa menerbitkannya di halaman tertentu.

4. Mudah Dipelajari dan Memiliki Komunitas Besar

Sebagai perangkat lunak open source, WordPress dapat digunakan oleh siapa saja. Basis pengguna tidak dibatasi oleh harga, dukungan pelanggan premium, atau bahkan tingkat keahlian. Tentu, ada banyak hal yang perlu dipelajari tentang WordPress, tetapi siapa pun dapat bermain-main dengan dasbor selama sepuluh menit dan mulai memahami cara kerja antarmuka.

Dan karena tidak banyak hambatan untuk mendapatkan akses ke perangkat lunak, pengguna telah membuat blog, forum, kursus online, seminar, webinar, dan buku, semuanya menguraikan berbagai aspek platform WordPress. Lalu ada lebih banyak dukungan pelanggan resmi dari WordPress. Anda dapat membayar uang ekstra untuk dukungan khusus atau bekerja melalui forum WordPress.

Sungguh luar biasa betapa banyak sumber daya yang ada untuk belajar WordPress atau menjawab pertanyaan pengembangan cepat. Misalnya, Anda mungkin mengikuti blog seperti ini untuk menerima aliran tips WordPress yang konsisten di kotak masuk email Anda. Di sisi lain, Anda juga dapat mencari di Google untuk menemukan solusi langsung (WPBeginner dikenal dengan perbaikan cepat).

5. Dapat Meningkatkan dan Memperluas Situs Web dengan Tema dan Plugin

Kami telah membahas bagaimana tema dan plugin WordPress memudahkan Anda membuat situs web, tetapi elemen ini juga penting untuk peningkatan. Untuk blog standar, Anda akan memasang tema, menyesuaikan desain, lalu mulai membuat blog. Hal yang sama berlaku untuk situs web atau portofolio bisnis.

Biasanya tema berfungsi sebagai fondasi situs. Setelah itu, pekerjaan desain minimal selain beberapa perubahan warna, penambahan logo, dan tentu saja, halaman baru dan posting blog.

Tetapi sesekali Anda menyadari bahwa sesuatu yang baru perlu ditambahkan ke situs web Anda. Mungkin pelanggan Anda menuntut bagian keanggotaan situs Anda, atau mungkin Anda menyadari bahwa kuis bulanan adalah cara yang bagus untuk membuat pelanggan berinteraksi dengan merek Anda. Dalam kedua situasi ini, sebuah plugin memperbaiki masalah tersebut.

Misalnya, ada banyak plugin keanggotaan luar biasa yang mengubah sebagian situs Anda menjadi komunitas. Beberapa dari mereka gratis, sementara yang lain Anda harus membayar. Hal yang sama berlaku untuk plugin kuis. Kami memiliki daftar plugin kuis terbaik di pasar, dan itu hanya pilihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.