Home » Article Placement » Mengapa Harga Ikan Koi Begitu Mahal?

Mengapa Harga Ikan Koi Begitu Mahal?

Di dunia, ada ikan koi yang harganya mencapai miliaran rupiah Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa ikan koi begitu mahal? Yuk kita jelaskan lewat artikel berikut ini!

Mengapa harga ikan koi begitu mahal?

Banyak orang berpendapat bahwa memelihara ikan koi yang merupakan hobi orang kaya karena harga ikan koi jepang memang tidak murah, biasanya dari beberapa juta sampai beberapa puluh juta, ratusan juta. Atau bahkan dunia telah mencatat harga ikan koi termahal setara Rp. 27 Miliar.

Seekor Kohaku, Ikan Koi merah putih dengan panjang lebih dari 1 meter dibeli oleh seorang kolektor dari Taiwan setelah dilelang di peternakan ikan Saki di Hiroshima, Jepang, seharga 203 Juta Yen atau setara Rp. 27 M !.

Bagi banyak orang, ikan koi bukan hanya hewan peliharaan tetapi juga gairah dan kebanggaan. Alasan mengapa ikan koi import dari Jepang) sangat mahal karena:

Biaya Pengiriman

Pertama, proses pengangkutan ikan koi dari Jepang harus menempuh jarak yang jauh, diangkut melalui udara, perlu banyak mematuhi persyaratan perawatan ikan yang ketat untuk memastikan ikannya sehat. . Biaya pengiriman berkontribusi membuat biaya ikan koi Jepang kembali ke Vietnam sangat mahal (berapa banyak tergantung pada jenis ikan, warna, ukuran, dll.)

Koi berkualitas Sulit diperoleh

Kedua, ikan Koi adalah spesies yang mampu membawa jutaan anak pada saat yang sama, tetapi membesarkan mereka juga sangat sulit. Dari 3 juta ikan Koi yang baru lahir, hanya sekitar 15.000 yang dipilih untuk diadopsi pada tahun pertama dan sekitar 1.000 untuk dipelihara pada tahun berikutnya.

Simbol Kebertuntungan

Ketiga, bagi orang Jepang, ikan Koi dianggap sebagai simbol keberuntungan, cinta, kesuksesan, dan kemakmuran. Makna spiritual dan murni dari ikan Koi telah membuat ikan ini dicintai oleh banyak orang di seluruh dunia dan diterima untuk dibeli dengan harga yang begitu tinggi. Hal ini dapat dianggap sebagai faktor terpenting yang menentukan harga ikan koi menjadi mahal.

Faktanya, tidak semua ikan koi mahal dari beberapa puluh juta hingga miliaran, yang bernilai tinggi seperti itu sering kali adalah yang berharga, berukuran besar, berwarna indah, ras Jepang. Jika Anda memenuhi syarat secara finansial, Anda dapat bermain F1 atau koi lokal saja.

Japanese Koi F1 dikembangbiakkan oleh indukan yang sama-sama merupakan ikan Jepang murni yang dikembangbiakkan di  dalam negeri sesuai dengan proses Jepang, garis ikan ini tidak terlalu berbeda dengan koi Jepang, jika orang tidak memiliki pengalaman, sulit dibedakan.

Koi lokal lahir dari induk koi F1.

Ikan koi lokal memang kualitasnya dibawahkoi import tapi harganya juga tidak mahal. Jadi bagi para pemula atau tidak punya cukup uang bisa memelihara koi lokal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.