Home » Article Placement » Cara membuat kolam koi mini di rumah sederhana dan mudah

Cara membuat kolam koi mini di rumah sederhana dan mudah

Saat ini, banyak orang ingin memiliki kolam Koi di rumah mereka atau di lanskap taman mereka. Namun, tidak semua orang memiliki syarat untuk membuat kolam koi standar seperti itu. Artikel Taman Indah ini menunjukkan cara membuat kolam koi sederhana di rumah – solusi terbaik untuk Anda. Hubungi jasa kolam koi profesonal untuk hasil terbaik.

Instruksi kolam koi mini DIY

Desain kolam koi mini masih menjadi salah satu pilihan banyak keluarga. Berikut ini kami akan memandu Anda cara mendesain kolam koi mini sederhana di rumah. Untuk membuat kolam koi sendiri, Anda perlu memahami dan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Ide desain kolam

Kolam koi berbentuk persegi, persegi panjang, bulat, setengah lingkaran, oval, bengkok, dll. adalah bentuk umum yang dapat Anda pilih. Sebaiknya hindari gambar dengan sudut tajam karena hal ini tidak baik bagi pemilik rumah.

2. Jenis kolam yang akan dibangun dan materialnya

Tergantung pada arsitektur ruang, Anda dapat memilih gaya desain kolam Koi yang sesuai. Sebagai danau alami, danau tradisional atau danau modern, sebaiknya dilempari batu atau diaspal.

3. Warna

Dinding kolam harus gelap atau gelap adalah yang terbaik.

4. Kedalaman Kolam

Kedalaman kolam koi saat konstruksi juga perlu benar, rata-rata kedalaman 60 – 80 cm wajar, kedalamannya tidak boleh lebih dari 1,5m. Harus mengikuti bentuk tangga untuk menciptakan kedalaman yang berbeda untuk membantu ikan tumbuh lebih baik. Tempat paling dangkal tidak boleh kurang dari 0,4 m.

5. Filter kolam

Ada dua jenis filter utama yang digunakan saat mendesain kolam Koi mini: filter biologis dan filter mekanis, jika memungkinkan, Anda dapat berinvestasi dalam lebih banyak filter kimia. Ultraviolet UV sterilizer juga dapat digunakan untuk membantu mengendalikan algae.

6. Sistem air dan pompa

Ada dua jenis umum: pompa bawah tanah dan pompa eksternal. Penting untuk memilih jenis operasi jangka panjang dan stabil. Ini harus diperiksa apakah kompatibel dengan jenis pipa yang Anda rencanakan untuk digunakan, dan harus menjaga tekanan air yang cukup agar peralatan lain dapat bekerja.

7. Pipa

Ukur panjang selang yang dibutuhkan untuk mengalir melalui seluruh sistem Anda, lalu tambahkan beberapa meter untuk memastikan Anda tidak membeli ukuran yang salah.

8. Keamanan untuk Koi:

Setelah membangun danau, Anda harus merendam dan mengeluarkan sekitar 2-3 kali sebelum melepaskan ikan.
Kualitas lingkungan perairan adalah sebagai berikut:
Suhu 20 – 27oC
pH: 7 – 7,5. Ambang pH: 4 – 9
Kandungan O2 minimum: 2.5mg/l
Selain itu, desain kolam koi mini indoor juga landscape yang kecil, sehingga perlu juga ada dekorasi pengiring, agar ruang aquarium lebih menonjol dan asri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.