Penerapan Teknologi Informasi di Bidang Pertanian

Peran TI dalam pertanian

Kuatnya perkembangan teknologi informasi (TI) telah sangat mempengaruhi semua bidang kehidupan, termasuk pertanian, yang dianggap sebagai sektor ekonomi strategis di banyak negara.

Pertanian tradisional sangat dipengaruhi oleh kondisi objektif lingkungan produksi seperti suhu, kelembaban, kualitas udara, sumber air dan kondisi alam lainnya.

Output pertanian tradisional saat ini rendah, kualitas produk pertanian tidak tinggi, terkadang tidak dapat memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus meningkat, sehingga menyebabkan penurunan nilai ekspor dan nilai surplus yang rendah.

Pertanian tradisional secara bertahap telah digantikan oleh pertanian yang lebih modern, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi diterapkan untuk meningkatkan output dan kualitas.

Peran TI dalam pertanian secara bertahap menjadi penting. Aplikasi TI pertanian telah menjadi lebih akrab dan telah membawa efek yang luar biasa. Dalam dekade terakhir, pertanian modern secara bertahap beralih ke pertanian cerdas di mana industri mekanik dan listrik yang dikombinasikan dengan teknologi informasi menciptakan lompatan produksi, yaitu peningkatan produktivitas, kualitas, keamanan, dan perhatian khusus pada faktor lingkungan.

Penerapan TI dalam pertanian cerdas sering dibagi menjadi tiga tipe dasar:

Pertama, aplikasi manajemen dikembangkan untuk mendukung proses produksi pertanian dengan membangun jaringan pertukaran informasi antar pihak terkait produksi dan distribusi produk pertanian;

Baca Juga ;  Apikasi Laser Untuk Persenjataan Pesawat Tempur

Kedua, sistem pemantauan, parameter pemantauan yang terkait dengan proses lingkungan, optimalisasi produksi produk pertanian. Sistem ini menggunakan sejumlah besar jaringan sensor yang berbeda untuk memperoleh informasi tentang parameter lingkungan seperti kelembaban tanah, suhu dan kualitas udara dari media budidaya;

Ketiga, sistem untuk mendukung produksi pertanian yang presisi. Sistem ini memungkinkan produsen untuk memantau tanaman pada setiap tahap pertumbuhan dan membuat rekomendasi yang disesuaikan dengan setiap tahap dan spesies.

Sistem pemantauan lingkungan menggunakan jaringan sensor saat ini mendapat banyak perhatian dari berbagai peneliti. Jaringan sensor terdiri dari sejumlah besar node sensor berbiaya rendah dan kecil. Node sensor terhubung satu sama lain melalui transmisi nirkabel.

Penggunaan jaringan sensor dalam pemantauan lingkungan pertanian membawa keuntungan sebagai berikut:

  • Tidak perlu menggunakan kabel penghubung, intervensi anak Penerapan teknologi informasi dalam pertanian pintar v Satu node sensor digunakan untuk memperoleh informasi dalam pertanian pintar .
  • 4 orang pada lingkungan yang akan dipantau tidak signifikan;
  • Node sensor dirancang dengan padat, sehingga data yang diterima berkualitas tinggi;
  • Node sensor mampu menerima sendiri, memproses, dan berinteraksi dengan node sensor lain, sehingga cocok untuk pemantauan otomatis…

Pendekatan lain dari pertanian cerdas adalah pertanian presisi, yang dianggap sebagai komponen kunci dalam revolusi industri

Baca Juga ;  Tanggapan Borneo FC Setelah PSSI Hentikan Liga 1 dan Liga 2

4. Pertanian presisi, juga dikenal sebagai pertanian satelit adalah konsepnya. Manajemen pertanian didasarkan pada pengamatan, pengukuran, dan penyesuaian parameter secara langsung dan tidak langsung ke proses bertani. Tujuan pertanian presisi adalah untuk membangun sistem pendukung keputusan yang cerdas bagi petani untuk mengelola tanaman mereka, mengoptimalkan proses panen sambil menghemat sumber daya dan sumber daya maksimum.

Teknologi tinggi diterapkan dalam pertanian presisi

Beberapa teknologi yang digunakan dalam pertanian presisi seperti Penginderaan Jauh, Global Positioning System (GPS), Geographic Information System (GIS). Beberapa organisasi yang terlibat dalam penelitian dan implementasi proyek yang terkait dengan pertanian presisi seperti ListenField Company di Jepang, MIMOSA Co., Ltd., Kuji Vietnam Company, ThinkLABs Joint Stock Company adalah perusahaan pelopor di bidang ini.

Model pertanian presisi dikaitkan dengan teknologi modern penginderaan jauh, penentuan posisi global, dan internet of things. Pertanian presisi dimulai dengan pengumpulan dan analisis data satelit, penginderaan jauh, foto udara, dan informasi prakiraan cuaca untuk membuat prediksi panen. Selanjutnya, informasi yang relevan akan didigitalkan, dimodelkan dan disimulasikan pada komputer untuk membantu dalam membuat keputusan yang akurat tentang jadwal pertanian produk pertanian.

Sumber referensi :  komunitas pertanian sariagri

Baca Juga Yang Ini..

Rahasia Memilih Gorden untuk Rumah Mungil

gorden tidak hanya membantu mengontrol jumlah cahaya yang masuk ke dalam rumah, menciptakan ruang privat, …

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.