Home » Article Placement » Mending Kredit HP atau Beli Cash? Ini Untung Ruginya!

Mending Kredit HP atau Beli Cash? Ini Untung Ruginya!

 

Ketika dihadapkan pada kondisi HP rusak dan perlu ganti baru, yang terlintas di kepala kita kemungkinan ada dua hal: ambil kredit HP atau beli cash aja ya? 

 

Di tengah maraknya tawaran kredit HP tanpa uang muka dari fintech seperti Kredivo, opsi beli tunai HP baru mungkin terkesan jadi membebani dan bukan pilihan terbaik. Apalagi kalau HP yang mau dibeli harganya cukup mahal dan berkategori flagship seperti iPhone seri X ke atas. 

 

Di satu sisi, beli HP baru secara kredit terkesan lebih menguntungkan dibanding beli tunai yang bisa menguras tabungan. Padahal, nggak selalu demikian, lho. Beli kredit atau tunai, masing-masing ada keuntungan dan kerugian yang bisa jadi bahan pertimbangan. 

 

Apa saja? 

 

Keuntungan Beli HP Secara Kredit

 

Berikut ini adalah keuntungan yang bisa kamu dapat jika memilih beli HP secara kredit. 

 

  1. Tidak perlu punya kartu kredit untuk bisa kredit HP

 

Adanya layanan kredit online atau kredit HP tanpa uang muka dari fintech seperti Kredivo, bisa menjadi jalan cepat bagi kamu untuk kredit HP tanpa perlu punya kartu kredit. Tinggal download aplikasinya di Google Play Store atau App Store, daftar, dan tunggu proses approval dalam 1 x 24 jam. Jika disetujui, maka kamu akan menerima sejumlah limit (maksimal s.d Rp 30 juta) yang bisa digunakan untuk bertransaksi di 1000+ merchant rekanan Kredivo seperti Tokopedia, Erafone, Lazada, Blibli, dan masih banyak lagi. 

 

Kapan lagi bisa punya akses dan fasilitas kredit semudah ini?

 

  1. Angsuran santai: tersedia kredit HP tanpa uang muka dan cicilan 0%

 

Dengan fasilitas kredit yang tepat, kamu bisa kredit HP dengan besaran angsuran yang ringan atau bahkan tanpa bunga. Ini berlaku juga jika kamu menjadi pengguna fintech yang menawarkan bunga ringan atau cicilan 0%. Kredivo adalah salah satunya. Dibandingkan fintech lain, suku bunga Kredivo untuk cicilan lebih ringan, hanya 2,6% per bulan dengan pilihan tenor 3, 6, atau 12 bulan untuk kredit barang seperti HP. Untuk cicilan 0%, berlaku bagi tenor 3 bulan dan 6 bulan. 

 

Sebagai contoh, untuk HP Samsung Galaxy A02s di Blibli yang dibanderol seharga Rp1.678.000, simulasi cicilannya dengan Kredivo menjadi seperti berikut: 

 

  • Tenor 3 bulan: angsuran per bulannya sebesar Rp602.970. 
  • Tenor 6 bulan: angsuran per bulannya sebesar Rp323.300. 
  • Tenor 12 bulan: angsuran per bulannya sebesar Rp183.460. 

 

Simulasi angsuran tersebut sudah termasuk dengan suku bunga sebesar 2,6%. Tanpa uang muka. Jadi, kalau kamu sudah punya akun dan limit Kredivo yang cukup, kamu bisa langsung transaksi seperti belanja online pada umumnya. Di bagian metode pembayaran, pilih Kredivo. Namun, pastikan merchant yang kamu pilih sudah menjadi mitra Kredivo, ya. 

 

  1. Bisa membantu jika kebutuhannya sangat mendesak & tabungan belum cukup

 

Ada kalanya ketika butuh ganti HP baru, kita butuh secepatnya. Misalnya karena HP tersebut akan digunakan untuk kerja atau usaha. Mau tidak mau, tentu harus dipenuhi. Sementara, kalau mau beli tunai, uang tabungan masih belum cukup atau ada kebutuhan lain yang lebih memerlukan uang tunai. Di sinilah fasilitas kredit bisa sangat membantu. 

 

Kerugian Beli HP Secara Kredit

 

Selain keuntungan, ada beberapa hal yang berpotensi menjadi kerugian dari kredit HP jika tidak diperhatikan dengan baik, yaitu: 

 

  1. Ambil kredit baru artinya sama dengan menambah beban keuangan baru. Pastikan jumlah kredit atau utang yang dimiliki saat ini belum lebih dari 30% supaya kondisi keuangan tetap stabil. 
  2. Kredit HP bisa merugikan jika kamu termasuk orang yang mudah bosan atau sering ganti-ganti HP. Belum juga cicilannya lunas, masa sudah mau ganti atau ambil kredit baru? Bisa boncos, dong!
  3. Ada bunga dan biaya admin yang harus diperhatikan dan dipahami dengan detail. Apakah bunganya flat atau tidak? Sebab ini akan memengaruhi besaran angsuran yang harus dibayar tiap bulannya. 

 

Keuntungan Beli HP Secara Tunai

 

Beli HP secara tunai sekilas memang terlihat bisa bikin ludes tabungan. Tapi, keuntungannya juga banyak, lho. Yuk, kita bahas satu per satu. 

 

  1. Nggak ada beban finansial tambahan setiap bulan

 

Menjalani hidup dengan beban finansial yang ringan, tentu sangat membahagiakan. Apalagi kalau nggak ada utang, rasanya lega banget deh pasti. Beli HP secara tunai memang terkesan membebani di awal karena kamu harus keluar banyak uang dalam sekali waktu. Tapi, setelah itu, kamu sudah nggak ada tanggungan atau beban finansial apa pun lagi seperti halnya kredit atau cicilan HP. 

 

  1. Lebih leluasa menggunakan uang untuk kebutuhan lain

 

Karena nggak punya beban cicilan HP yang harus dibayar, artinya, kondisi keuanganmu juga lebih lowong. Kamu bisa leluasa menggunakan uang untuk kebutuhan lain yang lebih penting atau melunasi cicilan lainnya yang sedang berjalan. 

 

  1. Terdorong untuk mencari pengganti/tambahan penghasilan agar uang yang keluar cepat terganti

 

Karena sudah giat menabung dan ludes sekaligus untuk beli HP, kamu mungkin akan terdorong juga untuk makin giat cari penghasilan tambahan supaya tabungan yang sudah terkuras bisa cepat kembali. Ini tentunya merupakan kebiasaan yang baik, yang bisa membuat kondisi finansialmu akan selalu terjaga. 

 

Kerugian Beli HP Secara Tunai

 

Dibanding keuntungannya, kerugian beli HP secara tunai tidak banyak, namun patut dipertimbangkan jika kamu nggak mau menyesal nantinya. Apa saja?

 

  1. Kalau tabungannya ngepas dengan harga HP yang diinginkan, maka kamu perlu berhemat ketat sementara waktu hingga tabungan bisa pelan-pelan kembali terisi. 
  2. Di awal, cashflow mungkin akan sedikit terganggu. Tapi, jika kamu konsisten, keadaan tersebut bisa segera teratasi. 
  3. HP incaranmu berpotensi hilang dari pasaran seiring dengan makin lamanya kamu menabung atau mengumpulkan uang untuk membelinya. 

 

Jadi, yang mana nih pilihanmu? Ambil kredit HP atau beli tunai aja? Share, yuk!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.