Home » Article Placement » 5 Kegiatan yang Tidak Boleh Dilakukan Ibu Hamil Muda

5 Kegiatan yang Tidak Boleh Dilakukan Ibu Hamil Muda

8 Hal yang Boleh dan Gak Boleh Dilakukan Ibu Hamil Selama Traveling 

Para ibu yang tengah hamil muda kadang memang tidak bisa diam. Beberapa ibu merasa risih, bosan jika tidak melakukan kegiatan apapun dalam melewati hari – hari. Akibatnya hari menjadi terasa sangat panjang dan kadang membuat stres.

Beberapa ibu kadang masih tetap melakukan kegiatan seperti sewaktu mereka belum hamil. Padahal tanda tanda hamil muda sudah jelas terasa dan sudah di cek jika mereka tengah mengandung. Untuk itu para ibu sebaiknya untuk saat hamil muda tahan dulu beberapa kegiatan yang tidak boleh dilakukan sama sekali oleh ibu hamil muda.

Untuk lebih jelas mengenai apa saja kegiatan yang tidak boleh dilakukan berikut ini kami rangkum beberapa kegiatannya antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Melakukan cat

Cat memang terlihat tampak mudah, Anda hanya perlu menyelupkan kuas ke dalam cat kemudian mengerakkannya sesuai dengan permukaan yang ingin di cat agar hasilnya rata dan bagus. Namun siapa sangka ini merupakan pekerjaan yang berat dilakukan oleh ibu hamil. Para ibu hamil tidak boleh melakukan pencatan baik itu melakukan cat perabot atau cat dinding rumah. Ada baiknya ibu hanya melihat saja pekerjaan tersebut dan biarkan bapak yang melakukannya seorang diri.

  1. Mengangkat benda berat

Selama hamil, ibu muda juga tidak boleh melakukan kegiatan seperti mengangkat benda yang berat contohnya, gallon air minum, tabung gas, kursi, meja atau perabot lainnya. Ini sangat tidak dianjurkan karena dapat mengakibatkan keguguran bagi janin yang tengah di kandung. Ada baiknya tunggu sampai bapak datang atau ada keluarga lain yang bisa di minta tolongnya untuk memindahkan barang tersebut. Jika tidak ada orang yang bisa di minta tolong maka biarkan saja terlebih dahulu.

  1. Mengepel sering

Kegiatan membersihkan rumah yang satu ini seperti menyapu atau mengepel lantai tidaklah mengapa asalkan tidak terlalu sering. Sebab jika terlalu sering melakukannya akan membuat ibu hamil muda merasa kelelahan. Padahal ibuk hamil muda tidak boleh sampai merasa kelelahan untuk menjaga kesehatan janin yang tengah di kandungnya, berikut juga kesehatan ibu yang harus di jaga sampai masa persalinan tiba. Ada baiknya melakukan kegiatan seperti menyapu dan mengepel dilakukan dua kali dalam sehari saja.

  1. Hindari produk berbahan kimia

Ibu hamil muda juga tidak boleh dekat dengan produk berbahan kimia yang kuat. Contohnya pembersih kamar mandi atau semprotan serangga. Kedua produk ini biasanya ada dirumah karena memang berguna sekali, namun saat hamil ada baiknya ibu tidak menggunakan kedua produk ini. Minta tolong pada keluarga lainnya jika dirasa perlu memerlukan produk ini. Semua untuk keselamatan ibu dan janin yang tengah di kandung.

  1. Tidak boleh berdiri lama

Ibu hamil muda tidak boleh berdiri terlalu lama, jadi ada baiknya Anda menghindari kegiatan yang mengharuskan Anda untuk berdiri terlalu lama. Sebab berdiri lama akan memberikan tekanan pada bagian punggung dan kaki ibu hamil yang tidak sehat untuknya. Jadi usahakan untuk duduk jika dirasa sudah terlalu lama untuk berdiri.

Itulah beberapa kegiatan yang tidak boleh dilakukan jika ibu sudah menemukan tanda – tanda hamil muda pada diri ibu. Kegiatan ini ada baiknya dihindari sementara waktu dengan meminta bapak atau keluarga lain untuk membantu ibu. Bagaimanapun kesehatan ibu dan janin tetap yang paling penting dan utama sekali.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.