Home » Article Placement » Semua Hal yang Perlu Diketahui Tentang Jeruk Nipis

Semua Hal yang Perlu Diketahui Tentang Jeruk Nipis

Source: https://healthwholeness.com/nutrition/top-8-health-benefits-of-limes/

Sudah dapat dipastikan bahwa kebanyakan dari masyarakat Indonesia sudah mengenal dengan baik tentang jeruk nipis. Ini merupakan buah yang sering dijadikan sebagai bahan masakan dan tambahan minuman. Identiknya, ini dikaitkan dengan penyedap rasa alami. 

Lalu, apakah itu saja? Secara garis besar, memang itu kegunaan jeruk nipis. Namun, tahukah Anda apa saja manfaat dan zat apa saja yang terkandung dalam jeruk nipis? Cek artikel berikut dan baca sampai selesai yaaah!

Kandungan Nutrisi

Jeruk nipis sering digunakan untuk memberi rasa yang berbeda pada makanan. Varietas yang paling umum digunakan dalam masakan adalah jeruk nipis Persia atau Tahiti dan sudah digunakan oleh negara Meksiko, Thailand, dan Vietnam.  

Satu buah jeruk nipis dapat menyediakan 32% vitamin C harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Menurut Database Nutrisi Nasional Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), dalam 44 gram jus jeruk nipis mengandung 11 kalori, 0.13 gram protein, 0.1 gram serat, 0,74 gram gula, dan 3,7 gram karbohidrat.

Selain itu, jeruk nipis juga mengandung vitamin dan mineral yang banyak, termasuk potasium. Kalium berperan penting untuk menjaga tingkat tekanan darah dan fungsi saraf. Buah ini juga mengandung bioflavonoid dan antioksidan yang diyakini para peneliti dapat menurunkan risiko kanker.

Fakta Singkat Tentang Jeruk Nipis

Terdapat beberapa fakta yang mesti diketahui tentang jeruk nipis. Di antaranya adalah sebagai berikut. 

  1. Di dunia ini terdapat beragam jenis jeruk nipis. Beberapa yang umum diketahui adalah jeruk purut, jeruk nipis gurun, dan jeruk nipis persia.
  2. Pada abd ke-19, pelaut Inggris mendapatkan tunjangan harian berupa jeruk nipis untuk mencegah penyakit kudis. 
  3. Pohon jeruk nipis terlihat seperti semak karena banyak cabang tidak beraturan dengan ranting yang pendek. 
  4. Jeruk nipis memiliki daun yang mengkilap, berbentuk bulat telur, berwarna hijau muda hingga hijau tua, dan tersusun bergantian. 
  5. Jeruk nipis juga menghasilkan bunga kecil berbentuk bintang dan berwarna putih hingga kekuningan. Bunganya harum dan tersusun berkelompok.  

Manfaat Jeruk Nipis bagi Kesehatan

Berdasarkan penelitian, jeruk nipis memiliki beragam manfaat bagi tubuh karena mengandung vitamin C yang tinggi. Kandungan antioksidannya dapat melindungi tubuh dari penyakit berbahaya, solusi obesitas, dan meningkatkan energi. 

Tidak hanya itu saja, beberapa manfaat berikut bisa Anda rasakan ketika mengonsumsi jeruk nipis dalam takaran yang cukup. 

  1. Menjaga kesehatan jantung karena jeruk nipis dapat mengurangi garis-garis lemak pada penderita arteri koroner. 
  2. Zat besi nabati yang terkandung dalam jeruk nipis dapat membantu penyerapan nutrisi dengan lebih baik. 
  3. Jeruk nipis mengandung asam sitrat yang tinggi sehingga dapat mencegah batu ginjal dengan meningkatkan kadar sitrat dan mengikat mineral pembentuk batu dalam urin.
  4. Jeruk nipis mengandung vitamin C yang tinggi sehingga dapat membantu mencegah anemia defisiensi besi dengan meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan nabati.

Cara Memilih Jeruk Nipis yang Berkualitas

Buah jeruk nipis yang berkhasiat tinggi tentu dihasilkan dari buah yang berkualitas. Anda bisa mendapatkannya di TaniHub. 

TaniHub merupakan platform belanja buah dan sayur online yang menyediakan beragam bumbu dapur, kebutuhan masak, dan lainnya. Belanja lebih efisien dengan ketersediaan produk yang lengkap dan baru setiap hari. TaniHub kini sudah hadir di beberapa kota besar yang ada di Indonesia seperti Jabodetabek, Semarang Yogyakarta, Bandung, dan masih banyak lagi. 

Tunggu apa lagi? Klik di sini untuk mulai berbelanja dan temukan pilihan jeruk nipis berkualitas dan buahan segar lainnya. So, tunggu apa lagi… Segera kunjungi tanihub.com dan dapatkan kemudahan berbelanja kebutuhan buah dan sayur dengan beragam promo menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.