Home » Article Placement » Membuat Desain untuk Pemotongan Laser (Laser Cutting)

Membuat Desain untuk Pemotongan Laser (Laser Cutting)

Pemotong laser bekerja seperti printer inkjet biasa Anda. Mesin memiliki driver tertentu yang memungkinkan mereka memilih desain dari komputer dan mengubah desain tersebut menjadi format yang dapat dibaca.

Beberapa paket software dapat mendukung driver laser cutting antara lain :

Desain 2D

  • AutoCAD
  • Inkscape
  • Adobe Ilustrator
  • Corel Draw

Desain 3D

  • Autodesk Inventor
  •  SolidWorks
  • Autodesk Fusion 360

Sementara imajinasi desainer secara teoritis adalah satu-satunya batasan untuk apa yang dapat dibuat, berikut adalah beberapa panduan umum saat mendesain untuk pemotongan laser:

Desain harus memenuhi spesifikasi pemotong Anda. File yang telah selesai harus memenuhi persyaratan teknis mesin Anda. Jika tidak, mencoba mengonversi file dapat menyebabkan hilangnya detail atau ketidaksempurnaan.

Ketahui ukuran pemotongan laser maksimum dan minimum dan atur dengan benar. Ukuran desain Anda dibatasi oleh dimensi meja potong. Jika meja berukuran 1100 x 1100 mm, Anda tidak dapat mendesain apa pun di luar itu. Demikian juga, Anda juga harus menghormati dimensi minimum.

Detail tidak boleh lebih kecil dari ketebalan material. Hindari detail yang lebih kecil dari ketebalan bahan. Jika ingin membuat lubang, misalnya, diameternya harus lebih besar dari ketebalan bahan.
Pertahankan jarak minimum antar baris. Untuk ketebalan material tertentu, jarak minimum harus dijaga antara garis.

Sebagai aturan umum, biarkan jarak antar bagian menjadi 2x ketebalan material
Hukum fisika selalu berlaku. Ketika Anda memotong sepotong logam, itu akan jatuh kecuali ada bagian penghubung dalam desain.

Tunjukkan pengekangan.

Desain Anda akan berantakan atau menjadi rapuh ketika Anda memiliki banyak garis yang berpotongan di titik yang sama. Periksa detailnya dengan cermat. Perbesar detailnya dan pastikan persimpangan bertemu jika diperlukan.
Hati-hati dengan relief tikungan. Relief tikungan yang tidak tepat tidak akan memberi Anda potongan yang bagus langsung dari laser.

Setelah desain siap dan telah dimuat pada mesin, kepala pemotong laser akan bergerak di atas pelat logam mengikuti petunjuk desain untuk memotong bagian yang diinginkan. Sinar laser mengikuti file vektor yang menahan desain untuk memotong bahan sampai bentuk/pola selesai.

Aplikasi Pemotong Laser

Pemotong laser telah menjadi alat yang berguna untuk pembuatan prototipe dan manufaktur. Mereka sedang digunakan:

  • dalam prototyping cepat, karena mereka memungkinkan desainer untuk dengan cepat dan murah beralih pada desain mereka sebelum memproduksi dalam skala besar.
  • di toko-toko mesin serta di industri manufaktur untuk memotong potongan besar bahan.
    di perusahaan perangkat keras untuk membuat prototipe.
  • dalam pendidikan untuk prototyping/proyek kecil.
    oleh seniman dan pembuat yang ingin menghidupkan desain digital mereka.

Penyedia Jasa Laser Cutting di Jakarta Barat, kunjungi situs www.Mitralaserindo.com

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.