Mengenang Masa Indah Bersama Mantan Tersayang

Meninggalkan orang yang pernah mengisi hari-hari dengan bahagia tentu bukan perkara mudah. Apalagi jika mantan kekasih tersebut adalah cinta pertama atau pacar tersayang. Rasanya seperti kehilangan separuh jiwa kehidupan ini.

Namun, memaksakan sebuah hubungan yang sudah renggang hanya akan melukai satu sama lain. Terkadang pilihan terbaik dalam situasi ini adalah melepaskan dan membiarkan sang terkasih bahagia dengan jalannya sendiri.

Meski berat dan terasa mustahil, sebenarnya move on dari mantan terindah bisa dilakukan. Berikut adalah langkah-langkah ampuh melepas cinta masa lalu dan membuka pintu hati untuk cinta yang baru.

Cara melewati masa putus cinta dari mantan terindah:

  1. Menerima Hubungan Sudah Berakhir

Penerimaan adalah kunci penting permulaan proses move on. Sadari bahwa hubungan Anda dengan sang terkasih sudah benar-benar berakhir. Ini adalah kenyataan meski menyakitkan. Tanpa penerimaan, akan sulit melangkah maju.

  1. Mengucap Selamat Tinggal Secara Simbolis

Lakukan ritual perpisahan dengan sang mantan untuk menutup hubungan lama secara spiritual. Anda bisa menulis surat perpisahan atau sekadar berdoa memohon ketenangan hati di tempat favorit bersama pasangan terdahulu.

  1. Jauhi Jejak Digital Mantan

Hapus atau singkirkan foto dan kenangan bersama si dia baik di media sosial, galeri handphone, atau album foto fisik. Seeing the ex’s face everywhere will make it harder to move on. Hindari cyberstalking juga.

  1. Luangkan Waktu Sendiri

Menyendiri sejenak dan merenung bisa membantu memproses rasa sakit hati akibat putus cinta ini. Anda jadi bisa berdamai dengan diri sendiri dan berintrospeksi demi kebaikan di masa depan.

  1. Sibukkan Diri dengan Rutinita

Isi hari-hari dengan rutinitas yang padat seperti bekerja, kuliah, olahraga, dan aktivitas lain. Dengan pikiran disibukkan hal lain, ingatan tentang si dia otomatis berkurang.

  1. Perbanyak Jalinan Sosial

Bersosialisasi dengan banyak orang juga cara jitu menjauhkan diri dari masa lalu. Anda bisa berbagi cerita dengan kawan baik atau ikut komunitas seni dan hobi. Dukungan sosial membuat hati lebih ringan.

  1. Bukan Berarti Lupakan, tapi Belajar dari Pengalaman

Ingatan tentang sang terkasih tak harus dilupakan. Sebaliknya, jadikan pengalaman ini sebagai pembelajaran untuk menjadi pribadi lebih baik. Anda pasti sudah belajar banyak dari hubungan ini bukan?

Melupakan seseorang yang pernah mengisi relung hati tentu bukan perkara mudah. Apalagi jika dia adalah cinta pertama atau pacar paling berkesan sepanjang masa. Namun, tetap terjebak dalam kepedihan dan kerinduan juga tidak menyehatkan.

Lambat laun hal ini justru akan menghambat Anda untuk meraih kebahagiaan di masa depan. Karenanya, move on adalah keniscayaan meski terasa pahit.

Setelah berhasil melewati tahapan move on di atas, tibalah saatnya menata kehidupan baru tanpa bayang-bayang sang mantan kekasih.

Mulailah dengan mencintai diri sendiri lebih dulu. Rawat diri dengan melakukan aktivitas yang disukai seperti traveling, hiking, atau sekadar jalan-jalan di taman kota. Dandani diri agar tampil fresh dan percaya diri lagi.

Luangkan waktu untuk bersosialisai dan berkenalan dengan orang-orang baru. Dengan lembaran baru ini, hati yang tadinya kusam bak pelangi sesudah hujan. Indah dan cerah kembali.

Perlahan tapi pasti, Anda akan siap menerima cinta baru di kemudian hari. Yakinlah bahwa semesta sedang menuntun pada takdir terbaik yang telah digariskan. Semangat move on dan jangan pernah takut membuka hati untuk cinta yang baru!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.